Pengapalan smartphone capai 267 juta unit pada kuartal 1

Diposting oleh blogekiyai on Senin, 21 April 2014

Jakarta (ANTARA News) - Pengapalan (shipment) smartphone secara global mencapai 266.900.000 unit pada kuartal pertama 2014, menurut laporan peneliti pasar TrendForce.

Pengapalan pada periode tiga bulan ini, mulai Januari hingga Maret, mengalami kenaikan 1,13 persen dibandingkan periode yang sama pada 2013.

Perusahaan riset tersebut memprediksi, pengapalan smartphone akan kembali naik 6,7 persen dengan angka 284,4 juta unit pada kuartal saat ini, yang berlangsung April hingga Juni.

Pemimpin pasar global, Samsung, mengklaim posisi pertama dengan pangsa pasar 30 persen dari keseluruhan pengapalan smartphone secara global.

Menurut TrendForce, sebagian besar unit yang dikapalkan Samsung adalah smartphone kelas bawah hingga menengah pada kuartal pertama tersebut.

Sementara Apple mengalami penurunan pangsa pasar di seluruh dunia, namun tetap mempertahankan posisi kedua.

Menurut laman GSM Arena, iPhone terbaru yang ! akan diluncurkan sehingga diharapkan dapat membantu perusahaan ini mendapatkan momentum pada paruh kedua 2014.

Vendor smartphone China yang terdiri dari Huawei, Lenovo dan Xiaomi, mengalami kenaikan pangsa pasar dan melebihi prediksi para analis.

Ketiga perusahaan ini mengalami pertumbuhan lebih dari 20 persen  pada kuartal pertama tahun ini.

Source : http://www.antaranews.com/berita/430210/pengapalan-smartphone-capai-267-juta-unit-pada-kuartal-1